Senin, 13 Mei 2013

Perkembangan Konsol game

Siapa sih yang gag kenal game? sekarang mulai dari anak - anak, anak muda, bahkan sampai orang dewasa bermain game hal ini disebabkan makin banyak tingkat stress didunia ini. Makin banyak peminat game maka perindustrian game makin berlomba - lomba untuk membuat game yang menarik dan banyak diminati orang. Pada kali ini saya akan membahas mengenai perkembangan konsol game yang ada di dunia.

  • Generasi pertama ( Tahun 1972 )
Generasi pertama konsol game video berlangsung pada tahun 1972 kemudian dirilislah  Magnavox Odyssey sampai tahun 1977  “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.

  • Generasi kedua ( Tahun 1976 )
Generasi ini bisa disebut era awal 8 bit dengan merilis  Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI.

  • Generasi ketiga ( Tahun 1983 )
 Jepang Family Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia) mulai dipasarkan. Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol.

  • Generasi keempat ( Tahun 1989 - 1992 )
Generasi ini disebut generasi 16 bit. sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo.  Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding FAMICOM.

  • Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation

  • Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox.

  • Generasi ketujuh
3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360.

Sumber :
http://g2hcombro.wordpress.com/sejarah-perkembangan-game/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates